Desa di Konawe Jadi Percontohan Melawan Covid-19

  • Whatsapp
Desa di Konawe Jadi Percontohan Melawan Covid-19

GATENEWS – KONAWE: Desa Baruga, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara didaulat menjadi satu desa percontohan melawan Covid-19.

Dengan nama program Katana (Keluarga Tangguh Bencana) Mandiri lawan Covid-19, setiap kepala keluarga di desa tersebut menyiapkan sabun dan tempat cuci tangan di depan rumahnya.

Setiap rumah juga menyiapkan masker sendiri dengan memanfaatkan bahan yang ada. Selain itu, para penghuni rumah diharuskan memahami protokol pencegahan penularan Covid-19.

Semua pelaksanaan kegiatan ini, warga akan mendapat pendampingan dari Babinsa, Babhinkamtibmas, petugas medis, dan relawan yang sudah terbentuk di bawah komando kepala Desa Baruga,” terang Danramil 02 Wawotobi Kodim 1417/Kendari Kapten Inf Salmar G. bersama Camat Wonggeduku Barat Abdul Hasim dan Kapolsek Wonggeduku Iptu Hamid Boni saat meluncurkan program ini, Kamis (4/6/2020).

Kapten Inf. Salmar mengatakan selain hal tersebut,juga disiapkan posko yang dilengkapi ruang isolasi bagi warga yang melaksanakan isolasi mandiri.

“Tapi harapan kami ruangan itu jangan pernah terisi dan ini menjadi tugas bersama untuk mendisliplinkan diri dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Camat Wonggeduku barat Abdul Hasim S.P., M.Si menyampaikan apresiasi atas terbentuknya program tersebut di Desa Baruga.

“Semoga ini menjadi awal dan  ke depannya bisa menyebar ke seluruh desa serta mampu mencakup skala yang lebih besar, dan harapan besar kami bersama jajaran Muspika kegiatan ini bisa menyebar ke daerah lain,” pungkasnya.

Laporan: Andar Y

Pos terkait