Desa di Konkep Lirik Hidroponik Sebagai Usaha Alternatif

  • Whatsapp
ilustrasi

GATENEWS – KONAWE KEPULAUAN: Berbagai inovasi dilakukan untuk memanfaatkan dana desa. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan merambah sektor pertanian. Seperti Desa Sinar Mosolo, Kecamatan Wawonii Tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan yang melakukan budidaya sayuran hidroponik.

Pelaksana Kepala Desa Sinar Masolo, Sapril, mengungkapkan ingin mengubah pola masyarakatnya yang hanya mengandalkan tanaman jangka panjang saja seperti cengkeh, jambu mete, dan merica.

“Selama ini saya lihat ketergantungan dengan tanaman jangka panjang. Makanya saya seimbangkan supaya masyarakat juga di bulan-bulan paceklik bisa beralih ke tanaman jangka pendek,” terangnya, Minggu (29/9/2019).

Untuk itu, Sapril merencanakan melalui dana desa bakal mewujudkan budidaya tanaman jangka pendek secara hidroponik dengan sayur kol dan tomat sebagai tanaman di tahap awal.

Menurutnya, budidaya dengan hidroponik ini tak memerlukan tempat yang luas, melainkan dapat dikembangkan di area pekarangan rumah. Ia juga berencana akan melakukan pelatihan sebelum budidaya ini dimulai dan sudah merinci anggaran yang dibutuhkan.

“Seluruh masyarakat wajib mengikuti pelatihan hidroponik ini. Saya akan turunkan tim ahli profesional yang akan melatih mereka,” jelasnya.

Sebagai percontohan, para ibu yang tergabung di PKK akan digerakkan untuk budidaya ini. Selanjutnya akan dianggarakan dalam APBDes jika mendapat respon besar dari masyarakat.

“Saya ingin gandeng para ibu PKK agar punya usaha sendiri, dan bekerja sama dengan Bumdes. Targetnya bisa dipasarkan minimal keluar desa,” pungkasnya.

Laporan: Aldi Darmawan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *