Desa di Konkep Manfaatkan Matahari Sebagai Penerang Jalan

  • Whatsapp
Lampu Jalan di Desa Sinar Mosolo, Konawe Kepulauan. (Foto: Aldi D./GateNews.Id)

GATENEWS – KONAWE KEPULAUAN: Dengan guyuran uang dari dana desa, pemerintah desa diharapkan dapat mendesain wilayahnya dengan baik untuk kemaslahatan warga.

Desa Sinar Mosolo, Kecamatan Wawonii Tenggaran Kabupaten Konawe Kepulauan misalnya memanfaatkan dana desanya dengan membuat lampu penerangan jalan. Menariknya, sumber energi yang digunakan 17 mata lampu jalan di desa ini menggunakan tenaga matahari.

Bacaan Lainnya

Jenis lampu yang digunakan yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sistem otomatis berkekuatan 30 Watt. Anggaran yang digelontorkan untuk pengadaan lampu tersebut menelan dana Rp 467.500.000 dengan menggunakan dana desa tahap I dan II.

Pelaksana Kepala Desa Sinar Mosolo, Sapril kepada GateNews.Id berharap langkah ini dapat membantu masyarakat dari dalam dan luar desa saat berjalan di malam hari.

“Harapannya masyarakat tidak takut untuk keluar berjalan kaki di lingkungan desa di malam hari. Apalagi ketika ada acara atau pesta di dalam desa yang belakangan ini sering terjadi keributan, masyarakat juga sekaligus bisa mengontrol keamanan desanya,” jelasnya, Sabtu (12/10/2019) malam.

Laporan: Aldi Darmawan

Pos terkait