Kepolisian Punya Mitra Mahasiswa di Empat Kampus Kendari

  • Whatsapp
Foto Bersama Peserta Pelatihan dan Jajaran Polda Sultra. (Foto: Andar Y/GateNews.Id)

GATENEWS – KENDARI: Sebanyak 58 mahasiswa dari empat kampus di Kota Kendari selesai menempuh pendidikan dan latihan dasar kepolisian di SPN Polda Sultra selama seminggu sejak 23 Oktober 2019 lalu. Mereka dilabeli Mahasiswa Bhayangkara dan siap mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat di lingkungan kampus dan masyarakat.

Asal perguruan tinggi para mahasiswa yakni Universitas Halu Oleo, Universitas Muhammadiyah Kendari, STIE 66 Kendari, dan IAIN Kendari.

Bacaan Lainnya

Tujuan pelatihan yang memasuki tahun kedua ini sendiri untuk memberikan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan dasar kepolisian bagi para mahasiswa sehingga dapat melaksanakan tindakan kepolisian terbatas, demi terciptanya keamanan dan ketertiban.

Peran Mahasiswa Bhayangkara kedepannya yakni diwujudkan dalam pemeliharaan keamanan dalam negeri melalui upaya penyelenggaraan fungsi kepolisian yang meliputi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakkan hukum, perlindungan masyarakat dilakukan oleh kepolisian yang selaku alat negara yang didukung oleh masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Saat penutupan kegiatan, Selasa (29/10/2019),Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam berharap pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti latihan dasar kepolisian ini dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan tindakan kepolisian terbatas di lingkungan perguruan tinggi masing-masing guna terciptanya keamanan dan ketertiban.

Jenderal bintang satu ini juga berharap agar para alumni pelatihan melaporkan setiap permasalahan dan kasus tindak pidana yang terjadi di lingkungan perguruan tinggi kepada pihak polri guna penanganan lebih lanjut.

“Lakukan komunikasi yang positif serta ajak rekan-rekan mahasiswa lainnya untuk turut menciptakan kamtibmas di lingkungan kampus masing-masing,” pesan Brigjen Merdisyam yang pernah menjabat sebagai Dirsosbud Intelkam Polri ini.

Laporan: Andar Y

Pos terkait