KKN Tematik Fakultas Kedokteran UHO Fokus Pencegahan Covid-19

  • Whatsapp
KKN Tematik Fakultas Kedokteran UHO Fokus Pencegahan Covid-19

GATENEWS.ID – KENDARI : Pandemi Covid-19 belum juga reda. Jumlah kasus pasien terpapar Covid semakin mengalami tren peningkatan. Pemerintah pusat hingga daerah pun berkonsentrasi pada penanganan pandemi ini. Baik berupa pemutusan mata rantai penyebaran virus hingga upaya pencegahan.

Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo pun ambil bagian. Pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tahun 2020, mahasiswa diarahkan untuk membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19. Mahasiswa KKN membuat program upaya penanganan penyebaran Virus Corona di kalangan masyarakat umum dengan melakukan edukasi dan pembagian alat-alat yang membantu mencegah penyebaran virus.

Seperti yang dilakukan kelompok mahasiswa KKN Fakultas Kedokteran UHO di Kabupaten Muna Barat yang diketuai oleh La Ode Muhammad Albar, pada kegiatan yang digelar 18-23 Agustus 2020. Tepatnya berlokasi di Kecamatan Tiworo Tengah dan Tiworo Kepulauan.

Albar menjelaskan kepada media ini, di Kendari baru-baru ini, beberapa kegiatan yang dilaksanakan, berupa edukasi penggunaan masker dan handsanitizer, serta pembagiannya secara cuma-cuma di tiga pasar tradisional yang terletak di dua kecamatan tersebut.

Selain itu pembagian dan pemasangan tempat cuci tangan dan spanduk edukatif cara cuci tangan yang baik dan benar di sejumlah sekolah (SD, SMP, SMA), di Puskesmas yang terdapat di dua kecamatan tempat KKN dilaksanakan, serta di RSUD Kabupaten Muna Barat.

Ada pula pembagian dan pemasangan spanduk edukasi pola hidup new normal di Puskesmas dua kecamatan itu, serta pembagian Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas dan RSUD Kabupaten Muna Barat.

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh civitas perguruan tinggi Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo, dan pesertanya ialah mahasiswa kedokteran yang tergabung dalam grup KKN tematik Muna Barat Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo, dibawah bimbingan Dewan Pembimbing Lapangan (DPL) dr. Arimaswati M.Sc, Tien S. Si., M.Sc, dan dr. Raja Al Fath Widya Iswara MH Sp.FM,” jelas Albar sebagai ketua kelompok KKN.

Pembagian masker dan stiker himbauan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 oleh mahasiswa KKN Tematik Fakultas Kedokteran UHO di Kabupaten Muna Barat. (Foto: ist)

“Respon dari pemerintah daerah dan masyarakat sangat baik. Hal ini terlihat dari animo masyarakat dan kepala daerah yang begitu baik akan kedatangan kami. Niat kami untuk sedikit banyaknya membantu Pemda dan masyarakat dalam penanganan covid-19 disambut dengan sangat baik oleh pemerintah daerah (Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 Muna Barat), maupun masyarakat,” tambahnya.

Salah satu dosen pembimbing lapangan, dr. Arimaswaty mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan peran civitias perguruan tinggi untuk menerapkan salah satu tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat terkhusus dalam upaya tanggap bencana nasional melalui edukasi dan pencegahan penyebaran wabah pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Muna Barat.

“Hasilnya terbilang sangat baik. Pembagian masker, handsanitizer, APD serta pembagian dan pemasangan tempat cuci tangan, spanduk edukatif cara cuci tangan yang baik dan benar, juga baliho adukatif new normal, telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai target yang diharapkan. Hal ini tentunya dapat membantu mengedukasi masyarakat di Muna Barat salah satunya untuk tetap menjaga penerapan protokol kesehatan di tengah pola hidup new normal,” jelas dr. Ari.

Kegiatan seperti ini dianggap perlu, terutama oleh pihak yang paham akan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di kalangan masyarakat awam. Sebagai bentuk kepedulian akan kesehatan masyarakat di masa pandemi ini.

Editor: Gugus Suryaman

Pos terkait