KPID Sultra Setop LBP di Mubar

  • Whatsapp
KPID Sultra Setop LBP di Mubar

GATENEWS.ID – MUNA BARAT: Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Tenggara, Molesara berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Muna Barat (Mubar) guna memastikan para pengusaha Lembaga Penyiaran Berlangganan (LPB) benar-benar mengantongi Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP).

Dalam kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Muna Barat, Muh. Naazirun, Selasa (20/10/2020), KPID menyebut belum menemukan LPB yang memiliki IPP.

“Jika ada sudah pasti terdaftar di bank data KPID Sultra. Itulah sebabnya KPID mencoba berkoordinasi dengan Kominfo Mubar untuk mengidentifikasi para pelaku usaha TV Kabel. Minimal kami bisa menemukan data by name by address sebagai rujukan kami kedepan untuk melakukan penertiban,” jelasnya.

Bisnis penyiaran TV kabel punya aturan main tersendiri, sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang Penyiaran No. 32 Tahun 2002. Pasal 33 ayat 1 menyebutkan, sebelum menyelenggarakan kegiatannya lembaga penyiaran wajib hukumnya memperoleh izin penyelenggaraan penyiaran.

” Tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak mengurus izin. KPID siap memberikan pelayanan yang baik untuk memudahkan proses pengurusan izin. Siap memberikan layanan informasi tentang mekanisme perizinan. Ini salah satu progres yang kami genjot diakhir tahun ini,” tegas Mantan Sekretaris Umum HMI Cabang Gorontalo ini.

Pria yang juga membidangi perizinan menambahkan, bagi siapa saja pemilik TV Kabel wajib hukumnya untuk segera mengurus izin penyiaran. Bila tidak, maka KPID bekerja sama dengan institusi atau lembaga terkait untuk melakukan sidak,

Laporan: Akhir Sanjaya

Pos terkait