Kreativitas Himjatek UHO Gaet Millennial Berbudidaya di Masa Pandemi

  • Whatsapp
Kreativitas Himjatek UHO Gaet Millennial Berbudidaya di Masa Pandemi

GATENEWS.ID-KENDARI : Pandemi Covid-19 tak menghentikan kreativitas mahasiswa Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo dalam memperingati Hari Tani Nasional ke-57 pada 24 September 2020. Kali ini, konsepnya menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Padahal dua tahun belakangan, momen ini diperingati dengan berbagai kegiatan.

Himpunan Mahasiswa Jurusan Agroteknologi (Himjatek) UHO menggelar lomba desain poster dan video kreatif bagi pelajar SMA sederajat se-Sulawesi Tenggara. Mengangkat tema “Inovasi dan Kreativitas di Masa Pandemi pada Kalangan Petani Milenial”.

Lomba digelar sejak dibuka pendaftaran pada 16-27 September 2020, kemudian peserta mengisi blangko sebagai bentuk validasi keikutsertaan. Peserta lalu dibimbing dan diarahkan untuk pengiriman karya melalui email pada 24-28 September 2020.

Karya peserta dinilai oleh empat orang juri, yakni Holidin yang merupakan Putera Padi Indonesia 2019, ada pula Sitti Marwah Putri Pariwisata Sulawesi Tenggara 2020, Suci Nurul Utami Putri Puteri Pendidikan Sulawesi Tenggara 2020, dan Ketua Himjatek Agung Drivallen Tobarani.

“Saya sangat bangga atas apa yang telah digagas dan dijalankan oleh panitia sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik,” kata Ketua Himjatek UHO, Agung Drivallen Tobarani kepada media ini.

“Harapan saya semoga adik-adik dapat terus berkarya dan memaksimalkan segala potensinya, serta lepas dari kegiatan ini minat dalam kegiatan-kegiatan pertanian dapat tercipta, berhubungan kegiatan berbudidaya adalah yang paling berpotensi untuk dikembangkan dimasa Pandemi seperti sekarang ini,” sambungnya.

Hasil lomba diumumkan pada 30 September 2020. Inilah para jawaranya:
Desain Poster
Juara I, Muh. Vasly Ibrahim (SMAN 1 Baubau)
Juara II, Yovie Nataniel (SMKN 5 Kendari)
Juara III, Muhammad Nurfatoni (SMKN 1 Kabangka)

Video Kreatif
Juara I, Mayang Arachisya Salsabillah (SMAN 1 Watopute)
Juara II, Dewi (SMKN 5 Kendari)
Juara III, Gusti Ayu Diah S (SMAN 1 Ladongi)

Ketua Jurusan Agroteknologi UHO, Dr. Nini Mila Rahni, mengapresiasi kegiatan yang digagas mahasiswanya ini. Menurutnya, masa pandemi tidak lantas menghentikan segala aktivitas. Sebab kreatifitas itu tidak terbatas dan bisa kapan saja oleh siapapun. Termasuk mahasiswa dan pelajar.

“Sudah dua tahun terakhir kami memperingati Hari Tani Nasional dengan berbagai kegiatan. Tahun ini karena ada pandemi, makanya kegiatan pertemuan fisik dibatasi. Peserta tampak bersaing memamerkan hasil karyanya, berharap jadi yang terbaik demi membanggakan orang tua dan nama baik sekolah,” tutur Dr. Nini mengapresiasi.

Editor: Gugus Suryaman

Pos terkait