Lima Tahun Jadi Kepala Bappeda Konkep, Ini Capaian Abdul Halim

  • Whatsapp
Abdul Halim

GATENEWS – LANGARA: Lima tahun menjabat Kepala Bappeda Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Abdul Halim membeberkan capaian kerjanya. Mulai dari penyusunan rancangan RTRW, RPJPD, dan RPJMD Konawe Kepulauan.

Abdul Halim mengaku pasca dilantik menjadi Kepala Bappeda Konkep, ia mempersiapkan RTRW Konawe Kepulauan di tahun 2014.

Bacaan Lainnya

Saat menyiapkan dokumen untuk diserahkan ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang, dokumen yang disiapkan Abdul Halim belum lengkap. Untuk itu, pihaknya waktu itu fokus menyiapkan data bekerjasama dengan beberapa universitas.

Universitas Halu Oleo, Universitas Hasanuddin, dan Institut Teknologi Bandung pun digandeng Abdul Halim untuk menyusun RTRW Konawe Kepulauan.

“Yang kedua itu menyelesaikan dokumen RPJPD dan RPJMD setelah kepala daerah dilantik,” terang pria yang akrab disapa Halili ini.

Dokumem renstra daerah tertinggal, master plan by pass, master plan jalan, termaksud amdal diakui Halili juga menjadi pekerjaan yang diselesaikannya.

Ia mengaku sering dicibir karena mengurusi pekerjaan dinas lain seperti bantuan perumahan nelayan, persoalan lahan pasar kabupaten, dan pendanaan kantor bupati.

“Saya lakukan itu hanya untuk daerah, sering saya mendengar dikatakan gila urusan tapi saya kembali ke niat saja,” kata Halim.

Ia pun mengaku mengurus Konawe Kepulauan agar mendapatkan anggaran dari Kementerian PDT.

“Saya urus secara diam-diam agar Wawonii dapat anggaran pembangunan yang ada di KPD. Betul kita tidak bangga jadi daerah tertinggal tapi itu strategi untuk mengurangi beban APBD,“ jelasnya.

Menurutnya banyak hal yang masih harus dilakukan untuk Konawe Kepulauan. Untuk itu mencari akses dana yang tidak membebani APBD sangat diperlukan.

Laporan: Aldi Darmawan

Pos terkait