Musrenbang, Bupati Konkep Minta OPD Sukseskan Visi Wawonii Bangkit

  • Whatsapp
Bupati Konkep Ir. H. Amrullah MT, membuka Musrenbang tingkat kabupaten tahun 2021. (Foto : Ajad Sudrajad/GateNews.id)

GATENEWS.ID: KONAWE KEPULAUAN – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tahun 2021, resmi dibuka oleh Bupati H Amrullah, Selasa (06 April 2021). Kegiatan berlangsung di aula rumah jabatan (Rujab) bupati.

Berbagai topik krusial, termasuk upaya pemulihan ekonomi daerah akibat Pandemi Covid-19 menjadi pembahasan akbar serta fokus penanganan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD). Bupati Amrullah mengatakan, pelaksanaan pembangunan di Indonesia sejak diberlakukannya otonomi daerah telah mengalami perubahan. Sebelumnya, pendekatan bersifat sentaralistik, saat ini sudah desentralistik.

Bacaan Lainnya

“Pendekatan desentralistik tersebut memberikan semangat baru dalam proses pembangunan di Indonesia. Dengan melakukan perencanaan dari bawah atau disebut bottom up planning, yang menjadi kata kunci dalam proses perencanaan, karena peran pemerintah telah mengalami pergeseran dari pelaku tunggal menjadi mitra masyarakat,” paparnya.

Penetapan kebijakan dan program prioritas daerah pun, tidak mudah dilakukan. Karena diperhadapkan dengan keterbatasan pembiayaan. Oleh karena itu, dalam forum Musrenbang RKPD ini, sangat diperlukan partisipasi masyarakat dan stakeholder lainnya, guna merumuskan arah kebijakan dan program prioritas pembangunan daerah.

“Namun demikian, peningkatan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM), sektor pertanian, perikanan, peternakan, pariwisata, serta usaha mikro kecil menengah (UMKM), tetap menjadi skala prioritas pembangunan kita ke depan,” jelasnya.

Ia menegaskan kepada seluruh stakeholder untuk tetap memperhatikan tiga asas pembangunan. Yakni, manfaat, keadilan, dan berkelanjutan. Selain itu, jika ada usulan masyarakat yang tidak terakomodir atau tidak masuk dalam skala prioritas pada saat Musrembang, baik itu di tingkat kecamatan ataupun desa, wajib diberikan pemahaman.

Bupati dua priode itu juga memberikan warning kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD), untuk bersama-sama mewujudkan dan mensukseskan visi misi bupati dan wakil bupati di pemerintahan keduanya, dengan tagline Wawonii Bangkit (Berkembang, Kompetitif, dan Tangguh).

“Jika hal itu tidak mampu diterjemahkan melalui program maka akan tertinggal,” tandasnya.

Agenda Musrembang tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Konkep Andi Muhammad Lutfi, Ketua DPRD Konkep Ishak, Sekda Konkep H Cecep Trisnajayadi, Sekdis Bappeda Provinsi Sultra, Kepala OPD lingkup Konkep, Danramil Wawonii, Danpos Angkatan Laut, serta Camat se-Konkep.

Laporan : Ajad Sudrajad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *