Musrenbang Koltim, Pembangunan 2022 Prioritaskan Empat Sektor

  • Whatsapp
Suasana pembukaan Musrenbang Kabupaten Kolaka Timur untuk RKPD 2022. (Foto: Hasrianty/Gatenews.id)

GATENEWS.ID: KOLAKA TIMUR – Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, Selasa (6 April 2021) di Aula Sekretariat Daerah. Mengusung teman ‘meningkatkan pertubuhan ekonomi melalui sektor unggulan dan percepatan pembangunan infrastruktur dasar’.

Kegiatan dibuka Plt Bupati Koltim, Hj Andi Merya Nur, dihadiri pula Ketua DPRD Koltim Hj Suhaemi Nasir, Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa SIK, Kepala Bappeda Privinsi Sultra, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, Pj Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa, Ketua Program Studi Perencanaan Wilayah UHO, seluruh pimpinan OPD, camat, lurah dan kepala desa se-Koltim.

Bacaan Lainnya

Saat memberi sambutan, Plt Bupati mengungkapkan empat prioritas pembangunan Koltim pada Tahun 2022. Yakni, pembangunan manusia melalui peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan, percepatan pembangunan dan pemerataan infrastruktur, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata, dan kesempatan kerja, serta pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan budaya dan tata kelola pemerintah.

Dijelaskannya, proritas RKPD 2022 dimaksud, telah diselaraskan dengan prioritas provinsi dan prioritas nasional pada tahun 2022. Tentu mengacu pada isu strategis rancangan RPJMD Koltim, yakni penanggulangan kemiskinan, pengkatan kualitas sumberdaya manusia, peningkatan daya saing ekonomi dan produktifitas tenaga kerja, pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan daya dukung lingkungan dan sumberdaya alam, tata kelola pemerintahan, peningkatan kapasiatas infrastruktur dasar wilayah.

“Pemerataan pembangunan di wilayah Kabupaten Kolaka Timur menjadi prioritas pemerintah daerah. Berdasarkan isu strategis dan arah kebijakan yang akan dituntaskan dalam masa Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD),” kata Andi Mery.

Untuk perencanaan tahun 2022, Pemda mengharapkan dapat menyentuh permasalahan penting yang ada dalam masyarakat, sehingga program yang dapat direalisasikan antara lain; pemberian jaminan kesehatan melalui kartu sehat daerah, pembangunan infrastruktur jalan kabupaten dan peningkatan jalan provinsi dan jalan nasional, pemberian stimulasi bagi pembangunan infrastruktur desa/kelurahan, pengembangan komoditi unggulan Kolaka Timur seperti Kakao, Nilam, Padi Sawah dan penanganan pasca panen, menumbuhkembangkan pariwisata desa dan mempromosikan potensi wisata kabupaten, peningkatan kapasitas tokoh adat, dan lembaga adat, tokoh agama dan lembaga keagamaan, peningkatan peran pemuda dan kegiatan kepemudaan, pengembangan disiplin aparatur.

Pada kesempatan itu, srikandi Koltim ini menyampaikan sejumlah data awal indikator yang dicapai oleh Koltim. Yakni, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,63 persen, lalu PDRB (atas dasar harga berlaku) mencapai Rp4.427.150.000 per tahun. Kemudian, PDRB (atas dasar harga konstan) mencapai Rp 3.297.770.000 per tahun. Serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 66,49, dan tingkat penduduk miskin turun diangka 13.71 persen.

Laporan: Hasrianty

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *