Pengedar Sabu 1,17 Kilogram Dibekuk di Kendari

  • Whatsapp
BNNP Sultra Saat Menggelar Konferensi Pers.

GATENEWS – KENDARI: BNNP Sulawesi Tenggara menangkap salah seorang warga yang menjadi kurir sekaligus pengedar narkoba jenis sabu pada Minggu (13/10/2019). Pelaku berinisial BR merupakan warga Kelurahan Sodohoa, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari

Pelaku berusia 36 tahun tersebut ditangkap petugas di rumahnya, Jalan Balanak, berdasarkan laporan masyarakat yang resah dengan peredaran gelap narkoba di wilayah mereka.

Dari penggeledahan di rumah pelaku, Petugas BNNP Sultra menemukan dua paket kecil berisi sabu. Hasil itu kemudian dikembangkan, sehingga didapati satu bungkusan besar narkoba jenis sabu dengan berat total 1,17 kilogram.

Ditemukan pula barang bukti lain berupa alat hisap sabu jenis bong, timbangan digital, buku tabungan, serta beberapa bukti transferan bank.

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol. Imron Korry menerangkan, pelaku mendapatkan barang haram itu dari seseorang di Medan Sumatera Utara. Modusnya dengan cara pelaku ditelpon untuk mengambil paket narkoba di suatu tempat.

“Sabu yang dimiliki pelaku rencananya akan diedarkan di wilayah Kota Kendari dengan memisahkan dalam bentuk paket kecil atau paket hemat,” terang Imron.

Sejauh ini, BNNP Sultra masih mendalami pemeriksaan terhadap pelaku guna mengetahui jaringan dan pemasok barang haram itu kepada pelaku.

“Kami masih kembangkan penyidikan, apakah pelaku masuk dalam jaringan pengedar internasional atau tidak,” katanya.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2, dan atau pasal 127 ayat 1 huruf a, Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun atau hukuman mati.

Laporan: Andar Y

Pos terkait