Personil Polda Sultra Diberi Pengarahan Mengenai HAM

  • Whatsapp
Sosialisasi HAM oleh Mabes Polri di Aula Dachara Mapolda Sultra. (Foto: Andar Y/GateNews.Id)

GATENEWS – KENDARI: Personel Polda Sultra mendapat pengarahan mengenai hak asasi manusia di Aula Dachara Mapolda Sultra, Rabu (30/10/2019).

Acara yang dibuka Waapolda Sultra, Kombespol Yan Sultra, menghadirkan staf ahli dan penasehat Kapolri bidang HAM, Nur Kholis dan ketua tim Brigjen Pol Wahab Saroni.

Bacaan Lainnya

Peserta diingatkan tentang HAM mengenai hak yang melekat pada diri manusia sebagai karunia dari tuhan yang maha esa. Penghormatan terhadap HAM adalah kebutuhan nasional yang strategis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Walau telah ada pengakuan dan pengaturan secara formal dan konstitusional untuk dijaminnya HAM, tetapi masih saja terdapat isu pelanggaran HAM yang dilakukan.

Brigjen Pol Wahab Saroni menegaskan sebagai alat negara, Polri juga mempunyai kewajiban untuk menghormati, melindungi, dan menegakkan HAM dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Untuk itu diperlukan pedoman tentang implementasi prinsip dan standar HAM dalam pelaksanaan fungsi dan tugas Polri.

“Utamakan prinsip kehati-hatian serta dapat dipertanggung jawabkan baik secara hukum dan moral karena ini sudah menjadi komitmen Polri,” kata Brigjen Pol Wahab.

Ia mengingatkan semuanya telah tertuang dalam perkap yang merupakan upaya dari Polri untuk mengatur perlindungan HAM terkait dengan tugas kepolisian.

“Melalui forum ini diharapkan kepada semua anggota di Polda Sultra lebih memahami tentang HAM dalam pelaksanaan tugas, sehingga dapat lebih mengurangi potensi pelanggaran HAM,” pungkasnya.

Laporan: Andar Y

Pos terkait