Pesan Kapolda Sultra Kepada Mahasiswa Terkait Gangguan Kamtibmas

  • Whatsapp
Kapolda Sultra, Brigjend Pol Merdisyam Saat Membawakan Materinya di IAIN Kendari. (Foto: Andar Y/GateNews.Id)

GATENEWS – KENDARI: Kapolda Sultra, Brigjend Pol. Merdisyam berpesan kepada sejumlah mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum yang digelar di Aula IAIN Kendari, Jumat (29/11/2019).

Dalam kegiatan bertema “Kondusivitas Sultra Mendukung IAIN Kendari Menuju UIN Sultan Qaimuddin Kendari” tersebut, Merdisyam mengatakan mahasiswa merupakan salah satu pilar dalam menjaga kamtibmas di lingkungan kampus.

Untuk itu, Kapolda menekankan agar mahasiswa dapat dilibatkan dalam kamtibmas. Sebab menurutnya, pada hakikatnya kamtibmas merupakan kepentingan setiap individu masyarakat itu sendiri.

“Karena polisi sebagai pembina kamtibmas secara kuantitatif tidak akan mampu menutupi luas wilayah dan jumlah penduduk itu sendiri,” kata Jenderal Bintang Satu ini.

Apalagi beberapa gangguan serta kerawanan yang mengganggu kamtibmas biasanya terjadi di dalam lingkungan kampus. Beberapa di antaranya dijadikan sebagai tempat pengkaderan paham radikal/anti pancasila, aksi tindak pidana premanisme, pemalakan, penganiayaan, minuman keras hingga narkoba.

Untuk itu, Merdisyam berharap mahasiswa dapat mengambil peran dalam menjaga kamtibmas dengan cara menjadi generasi patuh hukum dan pelopor tertib di lingkungan kampus dan ruang publik.

Selain itu, Kapolda Sultra juga mengingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan dan menolak gerakan yang ingin mengubah pancasila dengan ideologi lain yang berkembang di lingkungan kampus.

“Peran mahasiswa sangat penting dan sangat besar, untuk menjaga Kamtibmas dapat dimulai dari diri sendiri, dalam rumah, hingga lingkungan masyarakat. Berpikiran kritis, tumbuhkan pemikiran solutif, serta bijak dalam menggunakan media sosial hindari menyebarkan berita hoax dan hatespeech,” tutup Kapolda.

Laporan: Andar Y

Pos terkait