Ridwan Bae Sebut Pengelolaan SDA Sultra Belum Memberi Kesejahteraan Rakyat

  • Whatsapp
Ridwan Bae
Ridwan Bae

GATENEWS.ID: MUNA BARAT – Anggota DPR RI asal Sulawesi Tenggara(Sultra), Ridwan Bae, menyoroti pengelolaan sumber daya alam (SDA) di wilayah Bumi Anoa ini. Ia menilai belum memberikan kesejahteraan bagi rakyat.

Menurut Ridwan, saat ini pengelolaan SDA Sultra belum maksimal. Mestinya hasil bumi, laut dan udara harus dimanfaatkan sebesar-besarnya demi kemajuan dan kesejahteraan kehidupan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Hasil bumi, laut dan udara harus diberdayakan untuk sebesar-sebesarnya memajukan kehidupan masyarakat Sultra yang sejahtera,” jelas Ridwan saat dikonfirmasi via WhatsApp, Senin (15/03/2021).

Bupati Muna dua periode yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat calon Gubernur Sultra asal kepulauan itu mengatakan, pengelolaan seluruh SDA Sultra saat ini hanya dinikmati oleh segelintir orang. Sementara untuk rakyat belum ada imbasnya. Salah satu contohnya adalah pengelolaan tambang.

“Buktinya tambang kita hanya dinikmati segelintir orang. Tapi bagi rakyat kecil tak ada imbasnya. Tentu ini soal regulasi yang harus diperjuangkan,” ujar kader Partai Golkar ini.

Ridwan yang kini berkiprah di Komisi V DPR RI itu menanggap masyarakat Sultra punya potensi besar untuk sejahtera. Sebab SDA yang dimiliki sangat menjanjikan masa depan bagi semua kalangan. Tidak cuma bagi para elit.

Namun SDA itu dapat bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat, apabila dikelola dengan baik oleh pemegang kebijakan, dalam hal ini pemerintah. Tak hanya itu, penegakkan regulasi yang benar, dapat mengawal proses pembangunan menuju rakyat sejahtera dengan baik.

Seperti diketahui, Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Sultra ada sekira 200 yang dikeluarkan. Namun hanya beberapa yang tampak melakukan penambangan dengan baik (good mining practice). Progres pembangunan pabrik pun tidak menunjukkan itikad serius untuk mensejahterakan masyarakat Sultra. Bahkan banyak diantaranya melanggar undang-undang Minerba dalam pelaksanaan operasi produksinya.

Laporan: La Ode Biku

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *