Ridwan dan Dokter Dukung Rusman, Jubir RaPi : Mereka Bersatu Pertahankan Oligarki Kekuasaaan Keluarganya

  • Whatsapp
Ridwan dan Dokter Dukung Rusman, Jubir RaPi Mereka Bersatu Pertahankan Oligarki Kekuasaaan Keluarganya

Muna Barat – Anggota DPR RI dapil Sultra Ridwan Bae dituding mempertahankan oligarki kekuasaan di Kabupaten Muna menjelang pilkada serentak 9 Desember 2020 ini.

Hal ini diungkapkan oleh juru bicara Rajiun – La Pili, Wahidin Kusuma Putra Selasa, (20/10/2020), ia mengatakan bahwa dukungan Ridwan dan Dokter untuk Rusman Emba bukanlah untuk kepentingan masyarakat Muna.

“Menurutnya, dukungan kedua mantan bupati Muna pada Rusman Emba hanyalah untuk mempertahankan oligarki kekuasaan keluarga mereka”.

“Mereka ini kan menjadi Bupati Muna mulau Tahun 2000 silam, Ridwan Bae sudah merencanakan oligarki ini. Rusman sebagai ponakan dan dr. Baharudin sebagai iparnya”, katanya.

Lanjutnya “Sesungguhnya sudah dipersiapkannya sejak dulu untuk mempertahankan oligarki ini. Tidak heran jika Pilkada Muna 2010 dan 2015 hanya menjadi ruang pertarungan dua kader internal kelurganya. Sehingga siapapun yang menang tidak menjadi masalah bagi Ridwan Bae sebab keduanya adalah kader internal keluarga. Oligarki kekuasaan keluarganya tetap bertahan kokoh di Kabupaten Muna”, jelasnya.

Katanya, Oligarki sering diartikan sebagai bentuk pemerintahan yang kekuasaannya bertumpu pada sekelompok kecil masyarakat. Pengaruhnya sangat besar dalam menciptakan ketimpangan dan menjadi penghambat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi masyarakat.

“20 Tahun, Oligarki Kekuasaan keluarga mereka bertumbuh di Muna. Saya rasa masyarakat bisa menilai sendiri. Tidak ada kemajuan di daerah ini yang siginifikan. Peningkatan ekonomi dan regenerasi kader politik potensial hanya terjadi di lingkaran kecil keluarga mereka”, ujarnya.

“Hal ini tentu sudah menjadi catatan khusus masyarakat Muna. Betapa buruknya kondisi Kabupaten Muna saat ini dan oligarki kekuasaan kelurga Ridwan selama dua dekade ini sama sekali tak mampu dan tak akan pernah nampu membawa perubahan bagi daerah dan perbaikan ekonomi seluruh masyarakat Muna”. Akhirnya.

Editor : Adryan

Pos terkait