RS Jantung Kendari Dilengkapi Apartemen, Hotel, dan Mall, Dianggarkan Rp460 Miliar

  • Whatsapp
Proses groundbreaking RS Jantung Internasional Kendari, Kamis 29 Agustus 2019. (Foto: dok/GN)

GATENEWS-KENDARI: Pembangunan Rumah Sakit Jantung bertaraf internasional di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, telah dimulai pada Kamis (29/8/2019). Lokasi tepatnya di kawasan eks-RSUD Provinsi Sultra, Jalan dr Sam Ratulangi Kelurahan Kemaraya Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Sultra.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung atau groundbreaking dilakukan langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, bersama Forkopimda Sultra. Ali Mazi mengatakan, adanya RS Jantung ini dapat memberi kemaslahatan bagi masyarakat, serta menjadi ikon kesehatan bagi daerah ini. Nantinya, yang berobat tak hanya pasien asal Sultra, namun juga dari kota lain.

Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Kontruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra, Pahri Yamsul menjelaskan, ukuran bangunan rumah sakit yang disebut sebagai rumah sehat ini seluas 50×60 meter persegi dengan ketinggian 17 lantai. Di atas lahan seluas 5,6 hektar tersebut, juga akan dibangun apartemen, hotel, dan mall.

“Agar keluarga pasien bisa tinggal satu gedung dengan pasien rumah sakit,” kata Pahri.

Pembangunannya dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama akan dibangun empat lantai pada 2019, dan tahap kedua dilaksanakan pada 2020, merampungkan 17 lantai.

Anggarannya bersumber dari APBD Provinsi. Pembangunan tahap pertama melalui APBD 2019 setinggi empat lantai sejumlah Rp 95,637 miliar.

“Total biaya pembangunan RS Jantung Sultra ini sekitar Rp460 miliar,” tutupnya.

Laporan: Ilham Sanjaya
Editor: Gugus Suryaman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *