Portal Berita Politik, Ekonomi, Hukum, Budaya, Nasional dan Daerah

Seorang Pria Mengaku Anggota Militer Untuk Perdaya Korbannya

GATENEWS – KENDARI: Ada baiknya tidak langsung percaya kepada orang asing yang mengaku anggota militer tanpa disertai identitas pendukung. Apalagi dengan kelakuan yang mencurigakan.

Seorang pria bernama Muhammad Aldi Hidayat alias Ebong (21) warga asal Kabupaten Muna diringkus Tim Buser 77 Polres Kendari karena berpura-pura menjadi anggota militer dengan seragam lengkap.

Tak hanya sekadar berseragam, pelaku juga menjalankan aksi pencuriannya terhadap mereka yang berhasil diperdayai. Tercatat ia melakukan pencurian di tiga tempat berbeda di Kota Kendari.

Sandiwara Ebong akhirnya berakhir setelah dibekuk di Kawasan Parkir Stadion Lakidende, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, Selasa (17/9/2019), sekitar pukul 16.30 Wita.

Terungkap modus pelaku yang melakukan sendiri aksinya dengan berseragam ala militer saat mendatangi sejumlah korban. Ia mulai mengambil barang para korban secara diam-diam setelah dipercaya sebagai aparat.

Saat ditangkap polisi berhasil mengamankan sejumlah peralatan militer yang digunakan pelaku saat beraksi. Juga turut diamankan satu unit handphone android hasil dari kejahatan pelaku. Sementara sejumlah barang curian lainnya sudah dijual oleh pelaku.

“Pelaku ini menyamar sebagai anggota. Lalu mendatangi korbannya di beberapa tempat seperti di tempat bela diri, atau berkenalan dengan cewek atau cowok. Setelah pelaku ini dipercaya oleh korbannya, di situlah kesempatan pelaku mencuri barang berharga korbannya secara diam-diam,” kata Kapolres Kota Kendari, AKBP Jemi Junaidi, Rabu (18/9/2019).

Pelaku menjalankan aksinya sudah tahunan setelah gagal menjadi anggota militer. “Setelah gagal (tes), ia kemudian mulai menjalankan aksinya itu. Jadi orang-orang mengetahui pelaku ini memang anggota padahal bukan,” terangnya.

Akibat perbuatannya, kini pelaku menjalani proses pemeriksaan di Mapolres Kota Kendari. Polisi juga terus melakukan pengembangan untuk mencari barang bukti hasil kejahatan pelaku.

Laporan: Andar Y

Leave A Reply

Your email address will not be published.