Tiga Kepala Desa di Bombana Berganti

  • Whatsapp
Tiga Kepala Desa di Bombana Berganti

GATENEWS – BOMBANA :  Kepala desa merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam melayani masyarakat. Namun, hal tersebut tak dapat terlaksana bila terjadi kekosongan pemerintahan di tingkat desa.

Demikian pula dengan tiga desa di Bombana yang mengangkat penjabat sementara (Pjs.) kepala desa setelah kades definitif berakhir masa jabatannya.

Ketiga kades tersebut yakni Sainal Arifin yang menjabat Kades Batu Sempe Indah digantikan Idris, Mahmuddin digantikan Sahdat Marfut di Desa Lampata, dan Jaharuddin digantikan Samrin di Desa Batu Lamburi.

Pelantikan ketiganya dipimpin Asisten III, H. Engki selaku pelaksana harian Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana.

Dalam sambutannya, H. Engki menekankan tentang posisi Pjs. kepala desa memiliki kewenangan yang terbatas dalam menjalankan roda pemerintahan di desa. 

“Saat ini ada tiga desa yang dijabat Pjs. dan semuanya dilaksanakan pelantikan serentak. Kami berharap ketiganya dapat mengemban tugas dengan baik,” kata H. Engki, Jumat (12/6/2020).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bombana, Hasdin Ratta mengatakan ketiga kepala desa tersebut masa jabatannya berakhir pada awal Juni 2020 lalu.

“Maka agar dapat menjamin jalannya pembangunan kemasyarakatan serta pemerintahan desa tugas kades dilaksanakan oleh Pjs,” terang Hasdin. 

Hasdin mengungkap, ketiga desa ini termasuk zona merah Covid-19. Ia berpesan agar para Pjs. kepala desa melakukan musyawarah bersama BPD, lembaga adat, dan tokoh masyarakat setempat.

“Tentunya dengan mengutamakan kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi,” kata Hasdin.

Pada tahun 2022 rencananya akan dilakukan pilkades serentak di Bombana.

Laporan: Hatamudin
Editor: Andi Hasman

Pos terkait