Tingkatkan Kepatuhan Berlalu Lintas, Operasi Zebra Digelar

  • Whatsapp
Kapolda Brigjend Polisi Merdisyam.

GATENEWS – KENDARI : Terhitung mulai 23 Oktober sampai 5 November 2019 jajaran kepolisian di seluruh Indonesia khususnya lalu lintas menggelar operasi yang diberi sandi Operasi Zebra 2019.

Sebagai tanda dimulainya operasi, Kepolisian Daerah Sultra melakukan apel gelar pasukan untuk mengetahui kesiapan personil di lapangan dalam rangka menyukseskan agenda tersebut, Rabu (23/10/19).

Bacaan Lainnya

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Gelar Operasi Zebra Anoa 2019 di Kepolisian Daerah Sultra adalah Kapolda Brigjend Polisi Merdisyam.

Merdisyam berharap melalui operasi zebra masyarakat atau pengguna kendaraan bisa paham akan pentingnya aturan berlalu lintas guna menekan angka kecelakaan lalu lintas yang setiap tahun semakin meningkat.

“Tujuan dari digelarnya Operasi Zebra itu sendiri tidak lain meningkatkan kepatuhan berlalu lintas dari masyarakat, demi terciptanya keamanan dan kelancaran berlalu lintas,” katanya.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas Polda Sultra, Kombes Polisi Wisnu Putra mengatakan operasi yang dilaksanakan berbeda dengan operasi lainnya.

Dalam operasi ini, 80 persen adalah penindakan bagi pelanggar lalu lintas seperti tilang, tetapu lebih di fokuskan kepada mereka yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas.

Beberapa penindakan yang menjadi fokus dalam operasi ini di antaranya melawan arus, tidak memakai helm SNI, serta pengendara sepeda motor di bawah umur.

“Sebanyak 300 lebih personil Polda Sultra dan jajaran dilibatkan dalam Operasi Zebra serta dibantu instansi terkait lainnya,” tutup Wisnu Putra.

Laporan: Andar Y

Pos terkait